Untuk Meningkatkan Motivasi dan Menumbuhkan Kreatifitas Seni, Mahasiswa Unpam Menggelar PMKM di Pondok Pesantren SMPIT Insan Mandiri Parung

ALJabar News Bogor. Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat (PMkM) merupakan suatu kegiatan sekuensual dari pendidikan dan penelitian yang terikat dalam Tridharma perguruan tinggi. PMKM merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan para mahasiswa serta dosen dengan tujuan memberikan bimbingan kepada masyarakat, yang harapan kedepannya masyarakat mampu mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Keterampilan yang di miliki.

Kegiatan PMkM ini dilakukan oleh empat mahasiswa Universitas Pamulang yang diketuai oleh Lia Hamidah dan beranggotakan Her Widya Puji Lestari, Listia Dewi Anjani dan Siti Umi Hanik, yang dilaksanakan di di Jln Haji Mawi, Bojong Sempu Rt.005/002 Kecamatan Parung Bogor Jawa Barat.

Kegaiatan PMkM ini dilaksanakan pada hari Sabtu 20 November 2021 yang diikuti oleh 30 santriwati dengan mengungsung tema “Meningkatkan Motivasi Dan Menumbuhkan Kreatifitas Seni Untuk Menumbuhkan Jiwa Bisnis Pada Santri Bersama Pondok Pesantren SMPIT Insan Mandiri Parung”.

PMkm ini dilaksanakan secara tatap muka selama 5 jam kegiatan berlangsung, yang dimulai dari jam 08:30 – 12:30 WIB. Kegiatan ini didampingi langsung oleh Dosen Program Studi Akuntansi Ibu Asih Handayani, S.E., M.Ak. sebagai Pembimbing kegiatan P(M)KM dan juga dihadiri pimpinan pesantren Luthfi Zulkarnain, S.Th.I, M.Si.

Dalam pelaksanaan kegiatannya sangat disambut antusias oleh anak-anak yang hadir. Dan kegaiatan PMkm dibuka dengan membaca Basmallah. Acara pertama adalah sambutan yang disampaikan ketua pelaksana. Ketua pelaksana kegiatan menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengedukasi kepada adik-adik yang datang agar dapat meningkatkan motivasi diri serta menumbuhkan jiwa bisnis dengan mengembangkan kreativitas dari barang disekeliling dan hobi yang kita miliki agar dapat menjadi pribadi yang produktif.

Sambutan kedua disampaikan oleh bapak kepala sekolah SMPIT Insan Mandiri Parung, yaitu: Luthfi Zulkarnain, S.Th.I, M.Si. yang menyambut kegiatan PMkM ini dengan senang dan beliau berharap para santriwati dapat mengikuti acara ini dengan baik.

Sambutan terakhir sekaligus pembukaan kegiatan PMkM disampaikan oleh dosen pembimbing yaitu : Ibu Asih Handayani, S.E., M.Ak.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan,“ Kegiatan ini merupakan wujud nyata para mahasiswa untuk mentransfer dedikasi mereka kepada masyarakat, ia juga berharap setelah terlaksana kegiatan PMKM para santriwati yang hadir menjadi lebih kreatif, inovatif dan dapat menjadi interpreneur yang sukses dimasa depan.

Materi pertama dalam acara ini ialah “Meningkatkan Motivasi” yang disampaikan oleh Lia Hamidah dan Her Widya.

Di sesi pertama Lia menyampaikan bahwa meningkatkan motivasi dan meningkatkan percaya diri merupakan hal yang harus selalu tertanam dalam diri kita. Di sesi kedua Her Widya menambahkan bahwasannya motivasi itu terdapat dua macam, yaitu : motivasi yang datang dari dalam diri dan motivasi yang datang dari lingkungan. Dengan mempunyai motivasi yang kuat maka seseorang akan lebih mudah mewujudkan apa yang ia impikan.

Pada materi kedua membahas tentang “Menumbuhkan Kreatifitas Seni Untuk Menumbuhkan Jiwa Bisnis” yang disampaikan oleh Listia Dewi Anjani dan Siti Umi Hanik. Di sesi pertama dalam materi kedua ini Siti Umi menyamapaikan akan pentingnya berkreatifitas dan contoh-contoh kreatifitas yang dapat mereka lakukan, seperti contohnya mendaur ulang botol bekas menjadi tempat pensil yang menarik.

Dan pada sesi kedua ialah berlatih untuk membuat suatu barang yang memiliki nilai jual yang dimentori oleh Listia. Pada kesempatan ini Listia dan teman-teman PMkM lainnya sudah mempersiapkan botol bekas, kain, jarum jait dan benang jait. Setelah itu para kakak PMkM mulai membimbing para peserta step by step mulai dari mengukur kain dengan ukuran botol, memasukan jarum ke benang, menjahit dan memasukan botol kedalam kain yang sudah dijahit sehingga jadilah tempat pensil yang indah dan menarik. Para peserta sangat antusias dan senang dalam kegiatan ini.

Pada sesi terakhir kami menyediakan pertanyaan dan hadiah bagi mereka yang dapat menjawab dan berani kedepan untuk menceritakan motivasi, bakat dan impian yang mereka miliki. Acarapun diakhiri dengan sesi perfotoan dan ucapan terimakasih serta salam perpisahan dengan para santriwati SMPIT Insan Mandiri Parung.

Penulis : Lia Hamidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *