Untuk Menambah Wawasan dan Pengalaman Mahasiswa Unpam Giat PPL di SMP Djojoredjo

ALJabar News Pamulang. Program pengalaman Lapangan (PPL) Merupakan Kegiatan yang harus di laksanakan oleh mahasiswa /mahasiswi UNPAM Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan. Sebagai wujud nyata dalam mata kuliah pemantapan kemampuan profesional pada program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang mana tujuannya untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa/mahasiswi dalam bidang pembelajaran dalam rangka melatih dan mengembangkan komptensi keguruan atau kependidikan dengan terjun langsung kesekolah.

Pada kegiatan awal dalam pelaksanaan PPL ini, para dosen pembimbing melaksanakan pengantaran mahasiswa/mahasiswi PPLnya ketempat sekolah masing-masing yang telah ditentukan.

Seperti yang digelar oleh Universitas Pamulang, dalam kegiatan PPL Mahasiswa/mahasiswi UNPAM pada tahun 2021 ini sekolah yang menjadi tempat praktikan adalah SMP, MTS, MA, SMA dan SMK Sekota Tangsel dan Kabupaten Bogor. Salah satunya SMP Djojoredjo Pamulang yang beralamat Jl. Beringin No. 45A Pamulang Barat Kota Tangerang Selatan-Banten.

Para Mahasiswa/i PPL diantar oleh dosen pembimbing Ibu Yulita Puji Lestari S.H, M.H dan Mahasiswa/i yang diantar yaitu Narsin, Dewi Elih, Susanti dan Lilis Atmajayanti.

Dalam pengantaran mahasiswa/mahasiswi PPL ini kesekolah yang telah ditentukan ,mahasiswa pun berkonsultasi terlebih dahulu dengan dosen pembimbing PPL, Guru Pamong dan Kepala Sekolah dalam acara Kegiatan pengantaran mahasiswa PPL Ke Sekolah SMP Djojoredjo Pamulang untuk dihadiri bersama.

 

” Alhamdullilah Setibanya Kami di SMP djojoredjo Pamulang kami disambut baik dan ramah oleh Ibu Anisa sebagai Guru Pamong dan Kepala Sekolah Bapak M Yahya, M.Pd, ‘ujar Dewi Elih salah satu Mahasiswi.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Ibu Yulita Puji Lestari, S.H, M.H Menyampaikan, kegiatan Pelaksanaan PPL akan dilaksanakn kurang lebih selama tiga bulan , dimulai dari tangal 21 Januari 2021 sampai 21 April 2021, dan menyampaikan terimakasihnya mewakili pihak program studi kepada pihak sekolah SMP DJOJOREDJO PAMULANG Yang telah menerima dan masih bersedia untuk bekerjasama dengan UNPAM Menerima mahasiswa dalam melaksanakan Kegiatan PPL disekolah tersebut.

“Saya mewakili Kaprodi dari Universitas Pamulang mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak sekolah, yang telah meneriman mahasiswa/i kami dalam kegiatan PPL, untuk itu kami mohon dan bimbingan serta arahanya agar mahasiswa/i kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat Serta Pengalaman yang baik dan berkesan selama PPL disekolah ini, dan jika dalam pelaksanaan PPL disini kurang disiplin dan kurang dalam tutur kata yang baik mohon kiranya di tegur saja” Ungkapan Ibu Yulita Puji Lestari dosen Pembimbing, 22/01/2021.

Menurut Ibu Yulita, perihal kegiatan PPL, salah satu yang disampaikannya yaitu bahwasannya dalam kegiatan PPL ini mahasiswa tidak hanya melakukan praktik mengajar dikelas saja tetapi mengikuti rangkaian kegiatan yang ada disekolah , agar mahasiswa/i mendapatkan pengalaman yang mendalam ,dan berkesan baik, dan semua perihal kegiatan mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.

“Alhamdulillah kedatangan Para Mahasiswa/i PPL UNPAM Kesekolah SMP Djojoredjo Pamulang ini kami terima dengan senang hati, karena tahun lalu juga ada mahasiswa UNPAM yang melaksanakan kegiatan PPL disini, dan semoga para mahasiswa/i PPL pada tahun ini dapat melaksanakan kegiatan PPL dengan lancar dan baik, meskiupun dalam keadaan pandemi-covid seperti sekarang, “ungkap kepala sekolah M. Yahya M.Pd.

Ia juga mengarahkan bahwasanya untuk pelaksanaan kegiatan PPL disini bisa langsung berkonsultasi dengan guru pamong dalam teknis kegiatan Praktikan mengajar serta kegiatan lainnya yang bersangkutan disekolah agar dapat bimbingan langsung dengan baik dan terarah.

Dikesempatan yang sama, Guru pamong juga menjelaskan, “Bahwasannya selama kegiatan PPL disini bisa berkonsultasi langsung dengan saya perihal kegiatan praktikan mengajar dan kegiatan lainnya tak usah sungkan untuk bertanya dan berkosultasi , agar pelaksanaan kegiatan PPL ini dapat berjalan dengan lancar dan baik hingga waktu yang telah ditentukan,”ucap salah satu guru pamong.

Dalam kegiatan PPL di SMP Djojoredjo Pamulang ini, semoga para mahasiswa mendapatkan wawasan, pengalaman yang baik serta ilmu yang bermanfaat, “pungkasnya.

Penulis : Dewi Elih
Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *