Universitas Pamulang Pencetak Pendidik Kompenten Mahasiswa Gelar PPL di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang

ALJabar News Pamulang. Memasuki abad 21 adalah sebuah tantangan untuk hidup dalam kehidupan. Karena mau tidak mau akan menghadapi adanya perubahan yang sangat signifikan diseluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan yang didalamnya terdapat proses pembelajaran terhadap peserta didik yang mempunyai kaitan erat dengan peran dan tugas guru.

Kompetensi guru merupakan seperangkat keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas utamanya.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. PPL memiliki sasaran dalam sebuah kegiatan yang terkait dengan suatu pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran.

Dengan adanya kegiatan PPL diharapkan mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya seperti meningkatkan suatu keterampilan, kemandirian, kreativitas, tanggung jawab serta memecahkan suatu masalah.

Seperti kegiatan PPL ini yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang.

Kegiatan PPL ini ditentukan oleh pihak program studi mulai dari jenjang SMP dan SMA sekota Tangsel dan Kab. Bogor. Salah satunya di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang, yang terletak di Jl. Dr. Setiabudi No.40 Pamulang Timur kota Tangerang Selatan.

Kegiatan PPL ini diawali oleh kegiatan pengantaran yang dilaksanakan pada hari Rabu 27 Januari 2021 yang didampingi oleh Ibu Ichwani Siti Utami S.Pd., M.H dengan mahasiswa PPL yang berjumlah 4 orang, yang diketuai oleh Salman Al-Farisi beserta anggotanya Rika Dwi Andasari, Sri Sutarni dan Indah Nur Haziriah Fazriah.

” Sesampainya disana kami disambut baik oleh Bapak Dolay S.Pd.I selaku Kepala Sekolah, Bapak Maryadi Saputra S.Pd selaku Kurikulum, dan Bapak Rendi Wahyudi S.Pd selaku guru pamong di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang,”ungkap Rika salah satu mahasiswi.

Dosen pendamping Ibu Ichwani Siti Utami S.Pd.,M.H menyampaikan waktu pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama 3 bulan dimulai tanggal 27 Januari s/d 27 April 2021, serta menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak sekolah SMP Muhammadiyah 44 Pamulang yang telah menerima dan mau bekerja sama dengan UNPAM dalam menrima mahasiswa melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

“Saya mewakili kaprodi mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak sekolah khususnya kepada Bapak Dolay selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 44 Pamulang yang telah menyambut kami dengan baik serta memohon bimbingan dan arahannya agar mahaiswa kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)”. Rabu 27/01/2021.

Dikesempatan yang sama, kepala sekolah SMP Muhammadiyah 44 Pamulang, Dolay S.Pd.I mengatakan, “Saya selaku kepala sekolah dengan senang hati menerima dan memang kita sudah sering bekerja sama dengan pihak Universitas Pamulang dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan pada dasarnya saya menerima mahasiswa Universitas Pamulang untuk melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama 3 bulan,”tukasnya.

Penulis : Rika Dwi Andasari dan Sri Sutarni
Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *