Tak Usah Pedulikan Warna Almetmu, Indonesia Lebih Membutuhkan Inovasimu

ALJabar News Tangsel. Sebagai Agent of Change bangsa, mahasiswa dituntut untuk selalu melakukan inovasi dan kreativitas demi memajukan bangsa. Tri Dharma Perguruan Tinggi juga merupakan pedoman bagi mahasiswa terutama bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat. Maka dari itulah, 21 mahasiswa Universitas Pamulang yang terdiri dari 2 mahasiswa dari Prodi Akuntansi S1, 5 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Ekonomi, serta 14 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berpartisipasi untuk mengabdikan diri dalam program Kampus Mengajar 1 dengan lokasi pengabdian yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Bogor, hingga Tegal

Sebelum melaksanakan penugasan, para mahasiswa ini dibekali dengan materi pembekalan yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayan RI selama seminggu. Mahasiswa Universitas Pamulang juga akan berkolaborasi dengan sejumlah Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dalam penugasan nanti. Para mahasiswa Universitas Pamulang juga dilepas langsung secara virtual oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Bapak Dr (HC). Drs. H. Darsono yang diwaliki oleh Rektor Universitas Pamulang, Bapak Dr. E Nurzaman AM, M.M., M.Si beserta para Wakil Rektor dan jajarannya serta Bapak/Ibu Dosen Universitas Pamulang.

Hari pertama pengabdian dilakukan mahasiswa dengan melaporkan terlebih dahulu kepada Suku Dinas Pendidikan di daerah penugasan masing-masing dengan menyerahkan SK yang sudah didapatkan dari Kemdikbud Bersama Dosen Pembimbing Lapangan. Setelah mendapat ijin dari Suku Dinas Pendidikan terkait, selanjutnya mahasiswa Universitas Pamulang berserta timnya masing-masing melakukan observasi langsung kondisi sekolah tempat penugasan dan juga melaporkan kembali maksud dan tujuan dari program Kampus Mengajar ini kepada kepala sekolah penugasan dengan melampirkan SK dari Kemdikbud maupun dari Sudin Pendidikan terkait

Selain melakukan observasi terkait lingkungan maupun proses belajar mengajar di sekolahnya, mahasiswa juga melakukan diskusi dengan Kepala Sekolah SD penugasan masing-masing terkait program kerja kedepannya yang diharapkan dapat memajukan mutu pendidikan dari sekolah tersebut. Hal ini juga dapat mendorong kepekaan sosial serta mengasah kreativitas para mahasiswa khususnya mahasiswa Universitas Pamulang untuk turut serta memperbaiki kondisi Pendidikan di Indonesia. Walaupun hanya bertugas 3 bulan di SD penempatan, hal ini akan menjadi bukti bahwa mahasiswa Universitas Pamulang pada khususnya dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan di kampus untuk menjadi bagian dari menyiapkan generasi emas Indonesia yang memiliki SDM Unggul dan tercapainya tujuan negara yaitu Indonesia Maju.

Pwnulis : Vanial Aulia Kurniawan
Penerbit : Ade nopiansyah

Ade Nopiansyah

Wartawan/ti Media Online aljabarnews.com telah Kompeten pada perusahaan Pers Harian dalam bidang UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Wartawan Media Online aljabarnews.com dalam bertugas dilengkapi dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Surat Tugas dan tercatat namanya dalam Box Redaksi. Apabila ada yang mengaku wartawan kami meskipun KTA dan surat tugas masih berlaku, sepanjang namanya tidak tercantum dalam Box Redaksi, maka dinyatakan tidak berlaku dan bukan Wartawan Media Online aljabarnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *