Sosialisasi Bersosial Media yang Humanis Antara Guru dan Orang Tua Siswa Di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan

ALjabar News Tangsel. Kemajuan teknologi semakin menjadi-jadi. Berbagai macam perubahan yang inovatif dilakukan, guna untuk menumbuhkan minat masyarakat sebagai sasaran umpuk teknologi. Misalnya, media komunikasi yang saat ini semakin meningkat hebat, apalagi saat akses jejaring internet mulai menjembatani teknologi, seperti leptop, telepone seluler yang dapat menghubungkan jejaring komunikasi dunia, yang jauh dapat dijangkau dengan mudah sebab akses internet.

Takhayal para programer membuat berbagai aplikasi komunikasi, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, Selegram, Michat, Zoom, Google Meet dan masih banyak lainnya turut serta memberikan varian yang lengkap dalam menfasilitasi akses komunikasi masyarakat, guru dan oran tua murid.

Media sosial digital cukup besar peminatnya khususnya di Indonesia, hal ini dapat kita lihat dari hasil riset We Are Social, dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa kapasitas pengguna internet dan media social di Indonesia cukup tinggi dengan persentase 15 persen angka penetrasi internet atau sekitar 38 juta orang dari total 62 juta orang pengguna internet jika dilihat dari akun yang terdaftar di media sosial Facebook. Nah, dari hasil riset tersebut juga menyatakan bahwa rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu hampir 3 jam untuk berselancar di media sosial dengan menggunakan internet.

Dari banyaknya presentasi dalam penggunaan media komunikasi yang berbasis digital inilah seharusnya ada optimalisasi dalam membangun keharmonisan komunikasi digital masyarakat, termasuk para guru dan orang tua siswa. Maka dari itu dalam upaya membangun karakter bersosial media, PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) kali ini mencoba memfasilitasi kebutuhan guru, salah satunya dengan workshop “Sosialisasi Bersosial Media yang Humanis Antara Guru dan Orang Tua Siswa di SMP Negeri 9 Tangerang Selatan”

Pelaksanaan PkM ini diselenggarakan pada tanggal 26 sampai 28 September 2021, yang dihadiri oleh Tim PkM (Hendri, S.Pd., M.Pd, selaku ketua PkM, Dr. Imas Masriah, S.Pd., M.Pd., Dr. (C) Moh. Khoiri, S.Pd,.M.Pd, Dr. (C) Herdi Wisman Jaya, S.Pd. M.Pd. sebagai anggota) dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Drs. H. Alinurdin. M.Pd,). Sedangkan dari pihak sekolah (SMP Negeri 9 Tangerang Selatan) selain guru-guru sebagi obyek dan subyeknya, juga Wakil Kepala sekolah ikut serta berpartisipasi dalam workshop tersebut.

Acara dibuka dan dipandu oleh MC dengan pembacaan basmalah, disusul sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu Drs. H. Alinurudin. M.Pd, setelah itu sambutan dari pihak Sekolah SMP Negeri 9 Tangerang Selatan yang di wakili oleh Wakil Kepala Sekolah bagian Humas, Slamet Afandi, S. Ag.,M.Pd. Dan sambutan terakhir ditutup oleh sambutan Ketua PkM, Hendri, S.Pd, M.Pd. Setelah sambutan di teruskan dengan aktivitas workshop Sosialisasi ber-Sosial Media yang Humanis, selama 3 hari dan setiap sesi dilanjutkan dengan tanya jawab. Yang terakhir ditutup dengan pembacaan Alhamdulillah.

Perlu di pahami tentang media sosial atau sosial media bahwa media sosial merupakan gambaran dari keanikaragaman perkembangan teknologi yang dimanfaatkan manusia untuk mengundang dan mengikat orang ke dalam suatu kompromi yang sistematik lewat satu forum yang di dalamnya terjadi interaktif, komunikasi, saling bertukar informasi, baik itu dilakukan dengan tulisan, pesan suara atau live (langsung) melalui media digital.
Sebagaimana yang digambarkan dalam narasi tentang media sosial atau sosial media diatas, maka salah satu dari tujuan dalam pemanfaatan sosial media adalah aktualisasi diri, membangun hubungan yang tidak terbatas, membentuk komunitas, dan difungsikan sebagai ladang bisnis. Tapi dibalik itu ada yang paling penting dalam pemanfaatan sosial media yaitu membangun komunikasi yang humanis dengan memanfaatkan media digital sebaik-baiknya.

Penulis : Hendri
Editor : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *