SARASEHAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR “Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan Serta Motivasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Pada Bidang Pendidikan”

ALJabar News Bogor. Salah satu kewajiban dosen di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Kamis tanggal 8 April 2021 dosen Prodi PPKn-FKIP Unpam bersama mahasiswa menyelenggarakan PkM di Desa Kuripan Kecamatan Ciseeng tepatnya di Dusun Gunung Calincing, dengan tema “Hak Warga Negara dalam Memperoleh Pendidikan serta Motivasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Pada Bidang Pendidikan”. Tema ini diangkat karena berdasarkan hasil obeservasi awal yang telah dilakukan Tim PkM sebelumnya, dan dari data Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM) Desa Kuripan tahun 2020-2025 menunjukan bahwa tingkat pendidikan sebagian masyarakat di Desa Kuripan, khususunya Dusun Gunung Calincing masih rendah. Pada intinya bahwa tujuan kegiatan PkM ini untuk sosialisasi program Pemerintah tentang Merdeka Belajar, dan juga untuk mengedukasi masyarakat tentang hak memperoleh pendidikan serta pentingnya motivasi dan partispasi masyarakat dalam pembangunan pada bidang pendidikan.

Rangkain Kegiatan PkM ini dimulai dengan acara Sarasehan (Sosialisasi dan diskusi) tentang Implementasi Merdeka Belajar di Dusun Gunung Calincing, RT. 05, RW. 03, Desa Kuripan. Acara di buka dengan pemberian sambutan oleh Kaprodi PPKn Bapak Drs. H. Alinurdin, M.Pd., dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan kepada masyarakat Dusun Gunung Calincing, agar setelah kegiatan PkM ini dapat menambah wawasan masyarakat setempat akan pentingnya pendidikan. Selanjutnya kegiatan PkM ini dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh ibu Setiawati, S.Pd.,M.H., yang menyampaikan mengenai hak dan kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan. Dalam penyampaiannya narasumber memberikan motivasi kepada masyarakat untuk dapat merubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik melalui pendidikan. Berikutnya pemateri kedua yaitu Roni Rustandi, S.Pd.,M.H., dimana dalam pemaparannya narasumber menyampaikan mengenai pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan pada bidang pendidian merupakan keterlibatan aktif masyarakat dalam kegiatan pembangunan bidang pendidikan, mulai dari proses menentukan kebijakan, ikut serta dalam proses pembangunan, mengawasi pembangunan, memanfaatkan dan menikmati hasil pembangunan pada bidang pendidikan.

Bersamaan dengan kegiatan PkM tersebut, diselenggarakan juga peletakan batu pertama pendirian SMA Islam Terpadu An Naafi yang berada di bawah naungan Yayasan milik dari Ibu Kepala Desa Kuripan yaitu ibu Siti Aswati Narulita. Dengan di dirikannya SMA IT An Naafi imi ini diharapkan nantinya tingkat pendidikan masyarakat Dusun Calincing, Desa Kuripan meningkat. Pembangunan Gedung sekolah ini direncanakan akan selesai pada tahun 2022 dan siap untuk menerima calon peserta didik dari Desa Kuripan khususnya. Bangunan yang berdiri diatas tanah seluas 4000 meter persegi ini merupakan sekolah SMA satu-satunya yang yang ada di tempat tersebut. Peresmian ini juga turut di hadiri oleh seluruh anggota Pemerintahan Desa Kuripan, Tokoh Masyarakat Desa Kuripan, para pejabat dari lingkungan pemerintah Kecamatan Ciseeng, serta Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Pamulang yaitu Bapak Drs. H. Alinurdin, M.Pd.  Hal ini tentu merupakan langkah positif yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kuripan dalam upaya mewujudkan salah satu Visi dan Misi Desa Kuripan yaitu menjadikan masyarakat Desa yang Cerdas. Dalam sambutannya Ibu Kepala Desa mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh undangan yang mau menyempatkan waktu untuk datang menghadiri acara peresmian pembangunan sekolah tersebut.

Rangkaian kegiatan PkM yang dilakukan di Desa Kuripan ini merupakan implementasi dari perjanjian kerjasama yang telah dilakukan antara Dekan FKIP Universitas Pamulang dengan Pemerintahan Desa Kuripan. Semoga kedepannya Kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Penulis/Foto : Roni Rustandi, S.Pd.,M.H & Nurdiyana, S.Pd.,M.H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *