Sambut Bulan Sya’ban yang Penuh Kemuliaan “Bulan Sya’ban Bulan Nabi”

ALJabarnews.com – Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang mempunyai banyak keistimewaan Dalam kitab Durratun Nasihin disebutkan bahwa keutamaan bulan Sya’ban di antara bulan-bulan lain adalah seperti keutamaan Nabi Muhammad SAW atas sekalian para Nabi. Bulan ini dinamakan bulan Sya’ban juga karena pada bulan ini semua amalan pahalanya akan bercabang (digandakan), dan di bulan Sya’ban ini merupakan bulan untuk menyucikan hati dan memperbaiki hati dari segala cacat.

Begitu mulianya, beberapa riwayat lain juga menyebutkan keutamaan beramal dan taat kepada Allah pada bulan ini. Disebutkan bahwa barangsiapa yang mengagungkan bulan Sya’ban, taat kepada Allah dan menahan diri dari maksiat, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Selain itu, Allah juga akan memberikan keamanan dari kemalangan dan penyakit yang terjadi pada tahun itu.

Adapun amalan – amalan yang dapat dilakukan pada bulan Sya’ban ini diantaranya ialah, berpuasa, berdo’a, berdzikir, dan memperbanyak membaca Al-Qur’an. Sesuai dengan sebuah hadits yang di riwayatkan Oleh Bukhari yaitu:
“Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW puasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadahan, dan aku tidak melihat beliau banyak puasa kecuali di bulan Sya’ban”.

Pada bulan Sya’ban ini juga terdapat salah satu malam yang disebut dengan malam nisfu Sya’ban yang disebut dengan lalilatul bara’ah yang jatuh pada tanggal 15 bulan sya’ban yaitu apabila pada malam nisfu Sya’ban maka beribadahlah pada malam harinya dan berpuasalah pada harinya (H.R. Ibnu Majah).

Dan perbanyaklah berdo’a pada malam nisfu sya’ban karena do’a pada malam tersebut merupakan salah satu do’a yang tiada penghalang / tidak tertolak.
Pada bulan sya’ban ini banyak peristiwa yang terjadi di bulan ini yaitu bulan Sya’ban merupakan bulan salawat Nabi, pada bulan ini terjadinya perpindahan qiblat dari Baitul Maqdis ke Ka’bah. Pada bulan Sya’ban pula, Nabi Muhammad melangsungkan pernikahan. Pada bulan ini, Nabi Muhammad menikah dengan dengan Siti Hafshah dan Siti Juwairiyah. Dan bulan ini merupakan tanggal lahir Sayyidina Husein, cucu dari Nabi Muhammad yang lahir pada tanggal 3 Sya’ban. Beliau adalah cucu kesayangan Nabi Muhamamad yang berasal dari pernikahan Ali bin Abi Thalib dan putri kesayangan Nabi Sayyidah Aisyah. Wallahu ‘alam bissawab.

Oleh : Setiawati, S.Pd.,M.H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *