Penyemprotan Disinfektan Dinilai Efektif Mencegah Perebakan Covid-19 Di Ds. Cibeuteung Muara

ALJabar News Bogor. Banyak ahli merekomendasikan mencuci tangan dan membersihkan permukaan yang sering disentuh di rumah, dengan disinfektan agar mencegah penyebaran virus Corona COVID-19. Namun, apakah penggunaan disinfektan benar-benar mampu mencegah virus Corona?

Sama seperti virus Corona lainnya, COVID-19 menyebar paling umum melalui tetesan air liur tak terlihat, ketika pasien batuk atau bersin di udara. Tetesan itu kemudian dapat dihirup orang-orang terdekat atau menempel di permukaan benda yang dapat disentuh orang lain, membuat orang tersebut juga dapat terinfeksi ketika mereka menyentuh bagian wajah.

“Virus Corona adalah virus yang diselimuti dengan lapisan lemak pelindung. Disinfektan merobek lapisan lemak itu dan membuat virus ‘cukup lemah’ dibandingkan virus umum lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat,” ungkap Juan Leon, ilmuwan kesehatan lingkungan di Emory University.

Berdasarkan informasi ilmiah tersebut, maka pada hari Rabu, 25 Maret 2020, telah berkumpul di Kantor Desa Cibeuteung Muara Kec. Ciseeng Sekdes Suheri mewakili Kepala Desa Asep Suhendar yang tengah berada di luar dan tidak sempat hadir, staf desa Saadudin, Dede, Ridwan, Saepudin, Munawar, dan Bagus. Anggota Karang Taruna Kec. Ciseeng: Ketua: Sufyan Hadi, Andri Solahudin, Suhaedi, Teguh, Ade Maulyana, Alan, Indra, Cahyadi, Muhammad Ramdan, Fahmi Boy, Asep, dan Hafid. Anggota Karang Taruna Lingga Buana Desa Cibeuteung Muara: Ketua Didi/Are, Wakil Ketua Siti Tahriyah, juga anggota Karang Taruna Lingga Buana, dan Sekretaris LPM Kiki Sukirman. Sementara itu fasilitas peralatan penyemprotan disediakan oleh anggota DPRD Kab. Bogor H. Tohawi.

Dengan penuh semangat saling bahu membahu antara Karang Taruna Kec. Ciseeng serta Karang Taruna Lingga Buana Ds. Cibeuteung Muara yang diapresiasi H. Tohawi anggota dewan asli putra daerah Ds. Cibeuteung Muara.

Dan dibawah arahan Sekdes Suheri para petugas menyemprotkan disinfektan ke masjid-masjid, mushola majelis taklim, paud dan posyandu.

Tidak kurang dari 40 titik di Cib. Muara Kp. Blok Manyan, Blok Pancur, Blok Masjid, Blok Wetan, Kp. Cigabel, Kp. Cimeong Kulon, Kp. Cimeong Kaler, Kp. Bojong, Kp. Pabuaran Gede, Kp. Pabuaran Kecil, dan Perum Walikota.

“Agar lebih baik, rumah maupun tempat-tempat seperti masjid juga kita lakukan penyemprotam dalam rangka pencegahan virus corona. Kami khawatir dalam lokasi tersebut sudah ada virus yang menempel ataupun sudah terbawa melalui diri kita sendiri, atau penghuni rumah atau jamaah lainnya. Maka dari itu kita lakukan pencegahan dengan memutus mata rantai sehingga tidak ada lagi yang terpapar oleh virus itu, yaitu dengan penyemprotan disinfektan,” ucap Sekdes Suheri pada awak media saat rehat bersama anggota karang taruna lainnya. (Agustion UH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *