PENTINGNYA ETIKA BERMEDIA SOSIAL DALAM INTEGRASI NASIONAL

ALJabar News Tangsel. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan, baik oleh mahasiswa/i ataupun jajaran para dosen dan petingginya. Pengabdian masyarakat tidak harus di lingkungan masyarakat, melainkan dapat dilakukan dilingkungan sekolah, organisasi dan lain sebagainya yang memberikan dampak baik kepada suatu kelompok.

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) kali ini, dilakukan oleh mahasiswa PPL Universitas Pamulang,dengan kegiatan Webinar yang bertema “Pentingnya Etika Bermedia Sosial Dalam Integrasi Nasional” dengan sasarannya yaitu siswa/i SMK YADIKA 5 Pondok Aren Kota Tangerang Selatan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2021 dengan cara online/menggunakan Google Meet dan Steaming Youtobe. Acara ini di laksanakan sebagai upaya menyuluhan kepada anak anak agar memahami pentingnya etika bermedia sosial dengan bijak dalam meningkatkan integrasi nasional pada masa ini. Meskipun dilaksanakan secara Online/Daring, tidak berarti mengurangi semangat kami untuk mengabdi kepada sekolah.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sendiri dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK YADIKA 5 Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, Guru pamong Ibu Annisa Susan S.Pd., jajaran guru SMK YADIKA 5 Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, Narasumber dan kurang lebih 80 peserta kelas X SMK YADIKA 5 Pondok Aren Kota Tangerang Selatan.
Acara dimulai pada pukul 08.45 wib yang dibuka langsung oleh Moderator yaitu Nadefa Ela Haqye dari mahasiswa PPL yang menyapa peserta didalam Google Meet sekaligus Menyapa dan membacakan susunan acara webinar.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Kepala Sekolah SMK YADIKA 5 Pondok Aren Kota Tangerang Selatan yaitu Bapak Abdul Khoir, S.Kom., beliau menyampaikan agar peserta webinar menyimak dengan baik materi yang di sampaikan oleh narasunber karena maeri ini sangat penting. Beliau menyampaikan agar siswa lebih bijak lagi dalam menggunakan sosial media karena ketika melamar pekerjaan media sosial kalian akan di lihat oleh perusahaan tempat kalian melamar, perusahaan akan melihat jejek digital kalian baik atau buruk. Dan biasanya perusaan akan menjadikan jejek digitan media sosial kalian sebagai pofil pelamar.

Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi yang di sampaikan oleh narasumber yaitu Bapak Putra Eka Wanda,S.Pd., dengan tema webinar dalam PKM kali ini yaitu Pentingnya Etika Bermedia Sosial dalam Integrasi Nasional,. Beliau menyampaikan tentang pengertian media sosial bagaimana cara bijak kita dalam menggunakan media sosial. Beliau juga menjelaskan fakta fakta terkait penggunaan media sosial di Indonesia dan masih banyak lagi. Jika ingin tau lebih lanjut kalian bisa melihat video webinar di akun Media Abdi Karya. Atau bisa klik link di bawah ini https://youtu.be/FEunmwkHKxU

Selanjutnya, setelah penyampaian materi, yaitu sesi tanya jawab, ada beberapa pertanyaan yang di ajukan oleh  perserta webinar kelas X.Akl dan X.TKJ  SMK YADIKA 5 Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, pertanyaan langusng di jawab oleh narasumber yaitu Bapak Putra Eka Wanda,S.Pd.
Acara selanjutnya, yaitu penutup yang disampaikan oleh Moderator yaitu Nadefa Ela Haqye, serta ucapan terimakasih kepada para elemen yang sudah ikut serta dalam mengsukseskan acara Webinar. Kemudian ditutup dengan Doa bersama yang di pimpin oleh moderator sekaligus mengakhir acara PKM pada kali ini.

Penulis : Nadefa Ela Haqye
Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *