PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT “MENINGKATKAN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN UNTUK MASA DEPAN DI SMP PLUS PEWARIS PERADABAN

ALJabar News Bogor. Kegiatan Pengandian Kepada Masyarakat ini dilakukan pada bulan maret ditanggal 25 tahun 2021. Berlangsungnya kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi PPKn Universitas Pamulang dan dihadiri oleh Moh. Khoiri, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing PPL untuk kelompok yang ada di SMP Plus Pewaris Peradaban, Serta Ibu Sulastri, S.Pd.,M.H selaku guru pamong dan Kepala sekolah SMP Plus Pewaris Peradaban Bapak M.Taufik, S.Pd.I serta jajaran para guru disekolah.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKM melibatkan audience Siswi kelas 9 SMP Plus Pewaris Peradaban. Mengapa kegiatan ini difokuskan untuk perserta didik perempuan? Karena banyak terjadinya fenomena “Pernikahan Dini” disekitar Ciseeng, Bogor. Para siswi yang setelah kelulusan sekolah tidak melanjuti kejenjang  pendidikan yang lebih tinggi. Maka dari itu dari maraknya fenomena ini, Kesadaran kami sebagai Mahasiswa untuk memberikan pengabdian yang sifatnya edukasi, karena nanti kedepannya akan menjadi seorang tenaga pengajar yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah dan Meresmikan dibukanya kegiatan PKM. Dilanjuti sambutan oleh Ketua pelaksana PKM yaitu Ridwan Sarjono. Serta sambutan dari dosen pembimbing PPL Bapak Moh Khoiri, S.Pd.,M.Pd yang menceritakan kisah beliau dalam menuntut pendidikannya hingga mencapai pendidikan terakhir dimuka bumi yaitu Doctor. Motivasi yang beliau sampaikan diharap mampu menggairahkan semangat para perserta untuk senantiasa menggapai cita-cita mereka dengan didampingi menutut ilmu dipendidikan formal setinggi mungkin.

Lalu dilanjut dengan kegiatan inti yaitu penyampaian materi oleh Aris Destriadi selaku anggota panitia kegiatan PKM. Yang memberikan materi tentang hakikat pendidikan. Para peserta menyimak materi dengan seksama hingga dapat menerima ilmu yang disampaikan dengan baik. Pemateri memberikan ilustrasi dari pentingnya pendidikan berdasarkan visual dari film “LASKAR PELANGI.” Selanjutnya Pamteri kedua yaitu Muhammad Ade Dwi Cahya, yang memberikan pertanyaan terbuka kepada para peserta “Apa Itu Pendidikan?”. Dan acara dilanjuti dengan pembagian doorprize untuk para peserta yaitu dengan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan tadi dan acara ditutupu dengan doa yang dipimpin oleh pembawa acara.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pihak sekolah yaitu kepala sekolah serta jajaran guru yang terlibat karena telah menerima dan menyambut kelompok kami dengan baik sehingga kegiatan PKM ini dapat terlaksana dengan baik. Dan para pihak yang sudah terlibat pada kegiatan kami ucapkan banyak terima kasih. Maka dari itu pada kelompok PKM ini yang beranggotakan Aris Destriadi, Desi Rizki Novianti, Nabila Alika Dena dan Ridwan Sarjono berharap dari dilaksanakan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam menumbuhkan semangat menggapai impiannya untuk masa depan dengan mementingkan peran pendidikan dalam perjalanannya.

 

Penulis : Nabila Alika Dena

Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *