Pemdes Putat Nutug Kec. Ciseeng Dan Pemdes Kp. Sawah Kec. Rumpin Laksanakan Kerja Bakti Bersama Di Jalan Raya Grendong

ALjabar News, Bogor. Hari libur diberbagai tempat sering dilaksanakan kerja bakti. Kerja bakti dapat berupa membersihkan lingkungan, melancarkan aliran selokan atau got, merapikan tanaman, membetulkan penerangan jalan, atau membangun fasilitas publik tertentu. Kerja bakti adalah salah satu wujud kehidupan bertetangga. Ini seringkali dilakukan oleh lingkungan tetangga tertentu, misalnya RT atau RW dan Desa.

Di masyarakat pedesaan ada motivasi lain untuk mengikuti kerja bakti. Motivasi itu karena murni ingin membantu lingkungan, atau untuk kegotongroyongan dan manfaat sosial.

Berkenaan dengan kebersihan dan keamanan lingkungan, dua desa tetangga yang berlainan kecamatan, yaitu Pemerintah Desa Putat Nutug Kec. Ciseeng bersama Pemerintah Desa Kp. Sawah Kec. Rumpin pada hari Sabtu pagi, 20 Juni 2020 menggelar kerja bakti bersama, membersihkan sampah, rumput liar, pohon yang tumbuh sembarang di sisi Jalan Raya Grendong Kp. Kedokan.

Sementara dari pemerintah Desa Kp. Sawah Kec. Rumpin telah hadir warganya yang tergabung dalam wadah Silaturahmi Warga Rumpin (SWR). Sedangkan dari Pemdes Putat Nutug Kec. Ciseeng hadir orang No.1 Kepala Desa Mad Darmawan, Sekdes Yogi Ramadhana, Kesra Umsah (Bunda U’um), Bambang, Megi, Madsuro, Irwandi, Deni Edo, Muliza Kusumawati, Marlinah, Linmas, Ketua Rw.01 Suhendar yang merupakan wilayahnya, para Ketua Rt, Linmas serta anggota BPBD Desa Putat Nutug.

Seperti diketahui Jalan Raya Grendong yang berada di wilayah RW. 01 Kp. Kedokan merupakan sarana lintas utama yang padat oleh pengguna jalan. Setiap hari ribuan kendaraan roda dua dan mobil, terutama tronton melintas disana. Pohon dan rumput tumbuh secara liar, belum lagi tumpahan tanah merah yang tercecer dari truk tronton mengangkutnya, menbuat jalan Grendong kotor dan kumuh.

Atas inisiatif kedua kepala desa tersebut maka ditentukan hari Sabtu untuk melaksanakan kerja bakti bersama. Puluhan staf desa dan anggota BPBD Desa Putat Nutug membersihkan jalan dan menebang daun serta ranting yang mengganggu. Sehingga tampak lingkungan bersih dan terang.

Diakui masyarakat pengguna jalan, saat subuh jalan seringkali rawan kriminal. Maka ada rencana untuk membuat pos keamanan, yang nantinya akan dijaga oleh linmas dan warga masyarakat.

“Kami bersama dengan warga masyarakat berencana untuk membuat pos keamanan di jalan Grendong, karena belakangan ini sudah ada masalah keamanan para pengguna jalan yang melintas. Untuk itu kami hari ini melaksanakan kerja bakti bersama Pemdes Kp. Sawah Kec. Rumpin, agar lingkungan dan jalan tidak kumuh, karena kalau kumuh akan menimbulkan rawan kejahatan.” Ungkap Kepala Desa Putat Nutug yang akrab dipanggil Iwan kepada awak media. (Agustion UH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *