Pemdes Cihowe Membuat Disinfektan Sendiri Untuk Mencegah Covid 19 Yang Makin Merebak

ALJabar News Bogor. Virus corona covid-19 menjadi musuh dari seluruh manusia di seluruh dunia. Hingga saat ini, disinfektan dipercaya mampu mencegah penyebaran virus Corona.

Penelitian menunjukan bahwa virus corona dapat hidup di permukaan selama beberapa hari. Disinfektan dipercaya mampu mensterilkan benda-benda dari kuman, bakteri, dan virus karena mengandung chlorin.

Bahan kimia chlorin memiliki fungsi untuk membunuh virus, termasuk virus Corona. Selain itu, disinfektan dengan menggunakan cairan pemutih umumnya dibuat dari hidrogen peroksida, creosote, dan alkohol.

Disinfektan juga memiliki kandungan konsentrasi biosida yang cukup tinggi. Disinfektan lebih efektif mencegah timbulnya bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati.

Oleh karena untuk menjaga agar virus corona jangan sampai masuk dan merebak ke wilayah Desa Cihowe Kec. Ciseeng, maka pada hari Kamis 26 Maret 2020 pemerintah Desa Cihowe dengan dimotori oleh Kepala Desa Wahyudin, Sekdes Sutinah, Kaur Keuangan Ayu, Babinsa Dian Prabowo, Babinmas Budi Santoso, staf Arja, Edi Bohar, Bani, Slamet, Heru, H. Yani, Karsiah, Dedi membuat disinfektan sendiri untuk penyemprotan ke wilayah wilayah seperti masjid, mushola, majlis taklim , paud, posyandu dan tempat lainnya.

Kegiatan tersebut juga dibantu oleh Lpm, Bpd, Kadus, Ketua Rt, Ketua Rw, Karang Taruna Desa Cihowe, Karang Taruna Kecamatan serta warga desa lainnya.

Sesaat sebelum dilaksanakan penyemprotan, Kepala Desa Wahyudin memberikan instruksi serta nasehat kepada para relawan untuk pelaksanaan penyemprotan disinfektan itu ke wilayah dimana biasa warga berkumpul dan berinteraksi: “Virus corona merupakan wabah yang berbahaya, karena dengan cepat bisa menular ke setiap orang. Saya sangat berharap wabah virus corona tidak sampai menjangkiti warga Desa Cihowe, dan kita berusaha untuk menangkalnya dengan penyemprotan disinfektan.”

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan hari itu meliputi: Rt. 01/ 04: Masjid Nurul Amal, Mushola, Paud. Rt. 01 s/d Rt. 03: Masjid Al Hidayah, Kantor Desa. Rt. 01/Rw. 03: Masjid Ali Bin Abi Thalib, Masjid At Taqwa. Rt. 01/Rw. 04: Masjid Al Mubarok, Masjid An Nazir, Paud, Mushola Nurul Huda. Rt. 01/Rw. 05: Mushola Jamiat Khoir. (Agustion UH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *