PEMANFAATAN LIMBAH DAUR ULANG DI KEHIDUPAN GENERASI MUDA DI SMA CENDERAWASIH II PONDOK AREN

 

ALJabar News Tangsel. Salah satu tujuan dari PKM (Pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar nantinya dapat menjadi  anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang tinggi serta dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu  pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Dikalangan para mahasiswa PKM dikenal sebagai salah satu lomba menulis proposal dalam berbagai bentuk (penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, inovasi teknologi atau karya tulis) yang diselenggarakan untuk mengasah kreativitas serta mengasah hasrat intelektual mahasiswa.

Kegiatan PKM merupakan kegiatan wajib dilakukan oleh mahasiswa peserta PPL yang tentunya sekaligus mengaitkan dengan pembelajaran sekaligus mengasah kreativitas pesertanya. Pengabdian masyarakat diharapkan mampu memberikan dampak baik pada suatu kelompok.

Pengabdian masyarakat kali ini, dilakukan oleh mahasiswa PPL Universitas Pamulang dengan kegiatan Webinar yang dengan tema  “Pemanfaatan Limbah Daur Ulang di Kehidupan Generasi Muda pada siswa siswi SMA Cenderawasih 2 Pondok Aren Kota Tangerang Selatan  pada tanggal 24 Maret 2021 dengan cara online mengunakan google meed dengan sasaran siswa siswi kelas X dan XII IPA IPS. Dalam kegiatan tersebut, selain penyuluhan pemanfaatan limbah daur ulang, juga peserta diminta mempraktikkan pemanfaatan daur ulang limbah seperti botol plasti, kertas Koran, dll,lalu mendemonstrasikan hasil karya mereka yang sudah dibuat dan diberi penilaian.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara mandiri ini dilaksanakan oleh mahasiswa PPL dan peserta didik siwwa siswi SMA Cinderawasih Pondok Aren. Acara dimulai pada pukul 13.00 wib s/d selesai, yang dibuka langsung oleh moderator yaitu Sujiati yang membacakan susunan acara dalam webinar melalui google meet

Acara selanjutnya, yaitu sambutan dari Kartika  selaku ketua pelaksana dan sekaligus pemateri, disampaikan dalam sambutan tersebut bahwa penyuluhan  pemanfaatan limbah daur ulang di kehidupan generasi muda sangat penting, sebagai generasi penerus harus mampu memberikan kontribusi yang baik bagi kehidupaanya sendiri dan bagi orang lain, sehingga diperlukan sebuahorongana ataupunmotivasi agar generasi muda mampu melihat secara kritis apa yang mereka lihat dan apa yang harus dipahami lalu mengimplementasikannya Sehingganya penyuluhan pemanfaatan limbah daur ulang pada generasi muda adalah hal yang tepat untuk disampaian dalam kegiatan ini.selain menambah pengetahuan juga mampu merangsang kreativitas peserta.

Dalam kegiatan tersebut dengan dipandu pemateri peserta dibimbing untuk mempraktikkan cara-cara mendaur ulang limbah seperti botol plastik, kertas Koran bekas ataupun kertas buku ( novel) dan diubah menjadi karya yang bisa dimanfaatkan sebagai khiasan. Kemudian hasil karya peserta didemontrasikan, untuk selanjutnya diadakan penilaian untuk dicari karya terbaik.

Acara selanjutnya, yaitu penutup yang dilakukan oleh moderator dengan membaca hamdalah dan menarik kesimpulan serta mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah hadir dalam kegiatan webinar . dan tak lupa memberikan semangat belajar untuk peserta yang dalam hal ini adalah siswa siswi SMA Cenderawasih II Pondok Aren untuk tetap semangat dalam belajar meskipun dalam pembelajaran online.

Penulis  : SujiatiP

enerbit :Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *