Normalisasi Sungai Pengerukan Lumpur Digelar Pemdes Cibeuteung Muara Kec. Ciseeng

ALjabar News Bogor. Hujan yang turun belakangan ini tidak dapat diprediksi, tidak jarang disertai angin kencang yang mengakibatkan banjir dan longsor sehingga tidak sedikit rumah warga yang rusak dan digenangi air kotor.

Melihat kondisi seperti itu, pemerintah Desa Cibeuteung Muara Kec. Ciseeng bersama Kepala Desa Asep Suhendar dan Sekretaris Desa Suheri, sejak Rabu lalu (29 April 2020) hingga hari ini, Sabtu (2 Mei 2020) menggelar normalisasi aliran sungai/kali Cimeong sepanjang lebih dari 400 meter yang masuk wilayah Kadus 2 hingga Kadus 3 dengan menggunakan anggaran Dana Desa sebesar Rp.40.281.000,- (termasuk Pajak). Dikerjakan oleh TPK bersama masyarakat.

Tampak saat pelaksanaan pekerjaan tersebut, Kepala Desa Asep Suhendar bersama Sekdes Suheri dan juga staf desa, lpm, tpk ikut turun ke kali mengeduk lumpur yang tebal. Lumpur itu yang menjadikan air kotor mengalir tidak maksimal karena tidak tertampung oleh kali sehingga menyebabkan air kali yang kotor tersebut melimpah keluar.

Ketika ditemui awak media, Asep Suhendar menjelaskan: “Sebenarnya warga sudah sejak lama mengeluh, terutama yang tinggal di sisi kali, kalau hujan turun lebat maka air kali yang kotor melimpah keluar sampai masuk rumah dan juga empang-empang yang ada. Akibatnya pemilik empang menjadi rugi karena ikan yang mereka pelihara hanyut terbawa air kali. Keluhan warga tersebut baru kali ini dapat direalisasikan oleh pemerintah desa, dengan pekerjaan normalisasi menggunakan dana desa. Semoga setelah selesai pekerjaan ini warga tidak lagi terkena banjir karena kami sudah melaksanakan pengerukan lumpur yang tebal mengendap di dasar kali.” (Agustion)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *