Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi di SMPN 20 Kota Tangsel

ALJabar News Tangsel. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan, baik oleh mahasiswa/i ataupun jajaran para dosen dan petingginya. Pengabdian masyarakat tidak harus di lingkungan masyarakat, melainkan dapat dilakukan dilingkungan sekolah, organisasi dan lain sebagainya yang memberikan dampak baik kepada suatu kelompok.

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) kali ini, dilakukan oleh mahasiswa PPL Universitas Pamulang, dengan tema “Meningkatkan Semangat Belajar siswa Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi” dengan sasarannya yaitu siswa/i SMPN20 KOTA TANGSEL, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2021 dengan cara online/menggunakan Google Meet. Acara ini diadakan untuk menjalankan salah satu tridarma perguruan tinggi oleh mahasiswa/i Universitas Pamulang, meskipun dilaksanakan secara Online/Daring, tidak berarti mengurangi semangat kami untuk mengabdi kepada sekolah.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sendiri dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPN 20 KOTA TANGSEL, jajaran Guru SMPN 20 KOTA TANGSEL, Dosen Pembimbing PPL, Narasumber dan 100+ peserta kelas VII & VIII SMPN 20 KOTA TANGSEL yang
Acara dimulai pada pukul 09.00 wib yang dibuka langsung oleh MC yaitu Dahlia dari mahasiswa PPL yang menyapa peserta didalam Google Meet sekaligus Menyapa dan membacakan susunan acara, dan taklupa kembali membacakan tata tertib yang sudah ditentukan sebelum berlangsungnya acara.
Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Ketua Pelaksana PKM yaitu Rizky Yunas Syahputra, yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah mengijinkan acara ini dilaksanakan, serta terimakasih kepada peserta yang antusias mengikuti acara ini. Diharapkan, dengan adanya webinar ini, siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk selalu menjalankan kewajibannya sebagai pelajar, yaitu belajar, walaupun dimasa pandemi seperti ini, kita harus tetap semangat.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari kepala sekolah SMPN 20 KOTA TANGSEL yaitu Bapak Aa Suprayogi, MM. Pd, beliau menyampaikan dimasa pandemi sekarang, motivasi belajar anak mengalami penurunan, mau tidak mau kita harus memaksakan diri untuk beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan yang belum pernah diakukan sebelumnya, saya sangat ingin semua kondisi menjadi seperti sediakala, pembelajaran dilakukan secara tatap muka, untuk melihat ekspresi anak-anak sekolah, khususnya kelas VII yang jarang sekali bertemu dengan guru dan saya. Semoga suskses selalu untuk anak-anakku dan sukses selalu kepada anda calon tenaga pendidik, saya yakin anda akan menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Acara selanjutnya yaitu penyampaian mater yang dipandu oleh saudari Indah Yuningsih, tema dalam PKM kali ini yaitu Meningkatkan Semangat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi, yang akan disampaikan oleh Narasumber kita yaitu Ka Ginanda Rahmadini,S.S.I, beliau menyampaikan motivasi belajar terbagi menjadi dua, yaitu motivasi belajar instrinsik dan ekstrinsik, terdapat tips dan trick selama pembelajaran dirumah menjadi tidak terlalu terbebani, yang pertama yaitu mempersiapkan diri seperti berdoa, mencari tempat yang nyaman dan sarapan itu jangan sampai ketinggalan, kedua menjauhkan dari segala bentuk gangguan seperti mengatur waktu kapan untuk belajar dan bermain game, ketiga yaitu menyempatkan istirahat, ini sangat penting untuk mengembalikan kebugaran otak dan mengurangi kerrusakan mata jika pembelajaran dilakukan menggunakan laptop ataupun HP, keempat mengenal gaya belajar, misalnya siswa lebih nyaman dengan pembelajaran dengan menonton video atau dengan menjawab soal berbentuk pilihan ganda, dan lain sebagainya, kelima yaitu melakukan hobi, ini perlu dilakukan untuk mengembalikan kesegaran otak sesudah pembelajaran atau mengerjakan tugas, terakhir yang ke enam yaitu tetap produktif dan bahagia selalu, maksudnya ialah menjaga konsistensi yang ada selama pembelajaran daring berlangsung, jika merasa kurang produktif, maka ditingkatkan kembali.

Selanjutnya, setelah penyampaian materi, yaitu sesi tanya jawab, terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh siswa/i kelas VII dan VIII SMPN 20 KOTA TANGSEL sekaligus pemberian dorprise kepada siswa yang bertanya dan peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari narasumber.
Acara selanjutnya, yaitu penutup yang disampaikan oleh MC Dahlia, serta mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta yanng sudah hadir dari awal acara sampai akhir acara yang konsisten dengan 100 peserta, kemudian ditutup dengan membaca Hamdalah, sekaligus menandakan berakhirnya acara pada PKM kali ini.

Penulis : Yuningsih
Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *