Meningkatkan Mutu Pendidikan Ditengah Pandemi Mahasiswa Universitas Pamulang Melaksanakan Kegiatan  PPL  Di Smp Al Mukhlisin Ciseeng

 

 

ALJabar News Bogor.  Bulan januari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah digelar Bagi mahasiswa PPL merupakan kegiatan mata kuliah yang wajib sebagai salah satu syarat bentuk peningkatan kemampuan mengajar profesional pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Mahasiswa menyiapkan diri untuk praktek dilapangan sebagai bekal diri dalam kompetensi  profesional,pedagogik,kepribadian, dan sosial . Dalam Program kegiatan PPL ada hal yang harus dilaksanakan antara lain yaitu: menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),melaksanakan rencana pembelajaran,melakukan observasi pembelajaran dan melakukan Refleksi  serta menyusun laporan. Pelaksanaan kegiatan PPL, kali ini masih dilanda pandemic covid-19,namun tidak menyurutkan mahasiswa unpam dalam  melaksanakan kegiatan PPL  untuk menyelesaikan tugas ini. Adapun Tujuan dari kegiatan PPL ini bertujuan untuk melatih mahasiswa  menjadi guru berkompetensi  dan mempunyai pengalaman dalam bidang pembelajaran disekolah.

 

Meningkatkan  mutu pendidikan lebih berpotensi  UNIVERSITAS PAMULANG mewajibkan siswa semester delapan mengikuti program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan sesuai dengan permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Pendidikan dan Tenaga kependidikan (PTK),  dimana pelaksanaan PPL  tersebut dilaksakanakan disekolah  SMP/MTS,SMA/SMK/MA  yang sudah direkomendasikan pihak UNIVERSITAS PAMULANG. Tim kelompok kami ditempatkan SMP AL-MUKHLISHIN jl.H.Usa Cibentang-Ciseeng kab.Bogor Jawa Barat 16330. Pada tanggal 28 januari 2021 hari kamis tepat jam 11 siang, pengantaran mahasiswa PPL ke sekolah SMP AL-MUKHLISHIN oleh Ibu Setiawati, S.Pd.,M.H selaku dosen pembimbing mengantarkan 4 orang mahasiswa yaitu Sukaesih,Yudi Kurniawan,Astri Primaswari,Mia Ayustiani. Pihak sekolah SMP AL-MUKHLISHIN pun menyambut baik yang dihadiri oleh bapak Deden,S.pd wakil bidang kurikulum dan bapak muhsoni, M.Pd.I wakil bidang kesiswaan. mewakili kepala sekolah bapak syaifu,bapak Adang, S.Pd.I wakil bidang sarana prasarana  dan guru pamong Ibu Hj.Dra.Umyati, S.Pd.I  yang sedang tidak berada ditempat.

 

“saya mewakili kaprodi mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah menerima mahasiswa Unpam mengikuti PPL selama 3 bulan, khususnya kepada kepala sekolah,wakil kepala sekolah,bagian kurikulum,guru pamong,dan jajaran guru lainnya, untuk mohon berikan bimbingan serta arahannya, agar mahasiswa/i kami, mendapatkan ilmu bermanfaat”ungkap ibu Setiawati dosen pembimbing.

 

Bapak muhsoni, M.Pd.I dan bapak Deden, S.Pd mengatakan bahwa sangat terbuka menerima mahasiswa Unpam PPL bahkan tahun lalu pun juga ada mahasiswa PPL yang melakukan PPL disini.

 

“kami pihak sekolah menyambut baik kepada mahasiswa yang melaksanakan PPL dsini, semoga kedepannya kita dapat melanjutkan kerjasama ini,” Tuturnya.

 

Ia juga menegaskan bahwasanya selama pelaksanaan PPL, mahasiswa mengikuti aturan dan tata tertib yang berlaku disekolah, hal ini guna membentuk kedisiplinan mahasiswa selama PPL dan berlatih menjadi tenaga pendidik yang berprofesional”ujar bapak muhsoni, M.Pd.I. Dikesempatan yang sama wakabidkur bapak Deden, S.Pd menjelaskan.

 

“Dengan adanya mahasiswa PPL, kami berharap dapat memberikan inovasi atau memberikan dampak yang baik bagi peserta didik disini, sehingga berkesan bagi siswa, sekolah dan mahasiswa sendiri,”ujarnya.

 

Dalam kesempatan yang sama ibu setiawati pun menjelaskan, agar mahasiswa PPL mengikuti aturan dan tata tertib dari pihak sekolah serta mengikuti bimbingan yang diarahkan pihak sekolah untuk aktif selama Praktik Pengalaman Lapangan.

 

Penulis: Sukaesih

Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *