Mahasiswi Universitas Pamulang Berikan Pemahaman Pentingnya Mengenal Akuntansi Sejak Dini di SMK Kharisma Panongan Secara Daring

ALJabar News Tangsel. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi berbagai bidang kehidupan, seperti contohnya pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lain sebagainya.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM) adalah sebagai wujud nyata dalam memberikan kontibusi langsung kepada masyarakat khususnya kepada Siswa dan Siswi berupa ilmu yang dapat digunakan dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Sosialisasi dan Pemaparan secara langsung kali ini memiliki tujuan agar Siswa dan Siswi SMK Kharisma Panongan yang beralamat di Jalan Rancaiyuh-Korelet, Kec. Panongan Kab. Tangerang memiliki pengetahuan pentingnya mengenal dasar-dasar akuntansi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang diketuai oleh Tria Fenika didampingi anggota Mila Dwi Ranti, Amelia Aristi, dan Dwi Lestari didampingi ibu Sevty Wahiddirani Saputri S.Kom., M.M selaku dosen pembimbing dan acara ini dilaksakan di SMK Kharisma Panongan secara daring/online. Serta turut hadir dalam kegiatan ini yaitu siswa-siswi di SMK Kharisma Panongan yang diikuti sekitar 14 anak. Dengan mengusung tema “Pengenalan Dasar-Dasar Akuntansi Pada Siswa SMK”. Diharapkan siwa-siswi SMK Kharisma Panongan dapat menerapkan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengenal akuntansi sejak dini membantu siswa/i SMK yang sedang menempuh pendidikannya dalam banyak hal. Misalkan saja mencatat segala keperluan yang dimaksudkan dengan tujuan mengendalikan keuangan siswa agar dapat mempertimbangkan keputusan yang diambil apakah keputusan itu tepat atau tidak. Dengan adanya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari dapat mengetahui apa saja penerimaan dan pengeluaran serta dapat juga mengawasi, mengontrol, merencanakan keuangan.  Dan juga dengan memiliki pemahaman yang baik dalam bidang akuntansi, sehingga siswa/i juga dapat mengaplikasikan dengan tepat dan kompeten di dunia nyata.

Acara ini dilaksanakan tanggal 31 Oktober 2021yang dimulai pada pukul 08.00 sampai selesai secara daring/online dengan menggunakan Google Meet dimana susunan acaranya yaitu sambutan dosen pembimbing, penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan terdapat hadiah apabila siswa-siswi berhasil menjawab mengenai materi yang disampaikan.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa/i untuk mengenal akuntansi lebih dalam agar mereka juga bisa mengelola keuangan peribadinya dan mungkin bisa mengelola keuangan usaha kecil-kecilan sehingga tidak akan mengalami kerugian. Dan juga kedepannya diharapkan siswa – siswi terutama Siswa/i SMK Panongan tidak hanya mempelajari akuntansi di sekolah saja tapi juga bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Tria Fenika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *