Mahasiswa Unpam PPL Disambut Baik Oleh Pihak Sekolah SMK Kesehatan Letris Indonesia 2

ALjabar News Pamulang. Program Pengalaman Lapangan ( PPL ) bagi mahasiswa/mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, merupakan kewajiban sebelum mahasiswa meraih gelar sarjana.

Di tahap awal kegiatan, para dosen Unpam pembimbing mahasiswa PPL mengantar para mahasiswa/mahasiswi ke sekolah -sekolah tempat mereka PPL.

Sekolah yang menjadi lokasi para mahasiswa/mahasiswi PPL tahun 2021 ini adalah SMP dan SMK sekota Tangsel dan Kab Bogor. Salah satunya SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 yang beralamat di Jl. Siliwangi No.55 Pondok Benda. Para mahasiswa/i diantar dosen pembimbingnya antara lain Ade Nopiansyah, Siti Romlah, Herlina dan Din’s Mutiara.

Kedatangan rombongan PPL dari Unpam disambut hangat oleh guru-guru dan Kepala SMK Letris Indonesia 2, Tri Widiarti, M.Pd. Dalam kesempatan itu hadir pula Wakepsek Muhammad Mukhlas, M.Pd, serta Nini Marliana S.Pd M.H dan Bu Anisa sebagai guru pamong.

Dosen pembimbing Nurdiyana S.Pd M.H menyampaikan, PPL tersebut akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung mulai tanggal 21 Januari hingga 21 April 2021. Dan ia pun menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah SMK Letris Indonesia 2 yang telah menerima mahasiswanya PPL disekolah tersebut.

“Saya mewakili Kaprodi mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak sekolah khususnya kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru guru pamong, untuk itu mohon bimbingan dan arahannya agar mahasiswa/i kami mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan jika dalam pelaksanaanya kurang disiplin dan kurang tutur kata yang baik mohon kiranya untuk ditegur saja,”ungkap Nurdiyana dospem murah senyum dan baik hati ini, Jum’at 29/01/2021.

Selain dibimbing para dosen, para mahasiswa PPL juga akan mendapat bimbingan dari para guru profesional di sekolah tempat mereka praktek.

Nurdiyana melanjutkan, Di PPL tersebut, Mahasiswa ternyata tidak hanya praktek mengajar, ada tugas penting lain yang harus dipenuhi mahasiswa yang PPL.

”Dengan mengikuti kegiatan PPL, kualitas mahasiswa diharapkan lebih meningkat khususnya di kegiatan bidang keguruan,”tukasnya.

Sementara itu, wakil kepala sekolah Muhammad Mukhlas mengatakan, bahwa senang karena sekolahnya dipercaya dan sudah Mou dari tahun 2013 hingga sekarang, sebagai tempat menimba ilmu calon guru melalui PPL.

“Kami dari pihak sekolah menyambut baik dan sangat welcome kepada para mahasiswa yang mau PPL, pihak sekolah SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 dan universitas pamulang sudah terjalin sinergitas yang baik dari tahun 2013.

Ia juga menegaskan bahwa selama PPL mahasiswa harus mengikuti tata tertib yang berlaku di sekolah. Hal tersebut untuk melatih kedisiplinan mahasiswa selama melaksanakan PPL di sekolah, “ujarnya.

Dikesempatan yang sama, kepala sekolah
Menyampaikan hal sama terkait PPL mahasiswa, ia meminta kepada para mahasiswa agar bisa terus belajar dan mempraktekan ilmu yang sudah dipelajari selama dikampus dan ia menyampaikan, jika ada yang kurang dimengerti agar ditanyakan.

“Jika dalam praktek belum ada yang dimengerti jangan sungkan tanya saja ke saya, dan Satu hal penting yang harus difahami mahasiswa selama PPL karena akan menjadi guru adalah bagaimana guru harus memiliki kompetensi yang akan menunjang tugas profesionalnya, diantaranya Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, dan Kompetensi Sosial,” papar kepala sekolah ramah ini, Tri Widiarti, M.Pd.

Ia juga berharap, Semoga dalam kegiatan PPL disekolah SMK Kesehatan Letris Indonesia 2 ini mendapatkan ilmu yang bermanfaat, “pungkasnya.

(Adenopiansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *