Mahasiswa Unpam Gelar PKM di SMP Djojoredjo Pamulang

ALJabar News Tangsel. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan sekuensial dari pendidikan dan penelitian yang terikat dalam Tridharma Perguruan tinggi . Secara filosofis, PKM Merupakan wujud konkrit dari penerapan ilmu yang bersifat siklus atau umpan balik. Hal ini berdasarkan pada pasal 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Diknas) dan berdasarkan pasal 24 UU Diknas yang menyatakan bahwa adanya otonomi oleh Perguruan Tinggi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan Perguruan Tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan mencakup upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun peningkatan ketrampilan yang dilakukan oleh Civitas Akademika sebagai perwujudan dharma bakti serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat luas terlebih bagi masyarakat ekonomi lemah.

Kegiatan PKM kali ini dilakuan oleh Mahasiswa PPL Universitas Pamulang dengan Tema “Menjaga Kesehatan Demi Tercipta Semangat Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19” Yang dilaksanakan Di SMP Djojoredjo pamulang , pada hari Kamis 04 Maret 2021 dengan sasaran Peserta didik kelas VIII , PKM ini dilaksanakan secara daring/online menggunakan Google Meet selama 2 jam kegiatan berlangsung , dimulai pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB.

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM ) di SMP djojoredjo telah di Hadiri Oleh kepala Sekolah Bapak M.Yahya,S.Pd.i ,Guru Kesiswaan Meranngkap Guru Pamong PPL yaitu Bu Anisa S.Pd, Serta 100% Peserta didik Kelas VIII Yang berjumlah 35 orang.

Acara dimulai Oleh MC lilis Atmajayanti pada pukul 08.00 WIB dengan sambutan dan sapaan ucapan terimaksih serta pembacaan susunan acra PKM , acara selanjutnya sambutan Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dewi Elih yang menyampaikan ucapan terimaksih kepada sekolah SMP djojoredjo yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan Webinar Pengabdian Kepada Masyarakat meskipun dilaksanakannya secara daring atau online. Dengan adanya kegiatan Webinar ini para peserta deidik diharapkan serta mampu menjaga ksehatan dimanapun berada tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan, karena kesehatan merupakan perihal yang sangat penting dalam kehidupan kita, dengan tubuh yang sehat maka aktivitas atau kegiatan apapun dapat berjalan dengan baik serta dalam kegiatan proses pembeljaran daring seklaipun dapat tercipta semangat belajar yang optimal.”Ujar Dewi Elih”

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari kepala sekolah SMP Djojoredjo Pamulang Bapak M. Yahya,S.Pd.i, beliau memberikan sambutan hangat dan ucapan terimakasih kepada panitia kegitan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah melakukan suatu kegiatan PKM di SMP djojoredjo, semoga dengan adanya kegiatan PKM ini Dapat menambah ilmu pengtahuan bagi peserta didik kelas VIII SMP Djojoredjo serta bagi kaka PPL, dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Ketahuilah bahwasannya kesehatan tubuh atau kesehatan jasmani serta rohani sangat mendorong suatu aktivitas dan kegiatan kita ,salah satunya bagi kaum pelajar mendorong semangat belajar yang baik, apalagi dalam masa kondisi pandemi ini kesehatan adalah sesuatu yang perlu dan wajib kita perhatikan dan harus kita jaga agar kita dapat melakukan aktivitas apapun khusunya dalam kegiatan proseses pembelajaran daring.

Acara selanjutnya yaitu Penyampaian Materi yang di pandu oleh MC Lilis Atmajayanti dengan Tema “ Menjaga Kesehatan Demi Tercipta Semangat Belajar Draing Dimasa Pandemi Covid -19” , penyampaian Materi PKM ini dibagi menajdi dua Pemateri atau narasumber yaitu Saudari Susanti Sebagai Pemateri Satu Menyampaikan “Kesehatan merupakan kondisi fisik seseorang yang memungkinkan orang tersebut dapat menjalani hidup yang berkualitas dan prodiktif baik secara sosial maupun ekonomi. kesehatan berorientasi pada upaya memaksimalkan potensi individu baik secara fisik, Intelektual, emosional, Sosial, Spirtual, dan lingkungan, selain itu pemateri menyampaikan tips belajar sehat dirumah yaitu dengan Tanamkan Motivasi Yang Kuat, Mengkondisikan Tempat Belajar yang Aman dan Nyaman, Jangan Malu Bertanya, Tetap Menjaga Kesehatan Selama Belajar, dan Membuat Jadwal Belajar Harian, dan juga Menjaga Kesehatan Selama Belajar Daring Agar tetap Semangat Belajar yaitu dengan melakukan Rajin Mandi , banyak olahraga,tidak bergadang, dan pola makan teratur.

Penyampaian pemateri yang kedua di sampaikan oleh Saudara Narsin, ia Menyampaikan tentang semagat belajar, salah satunya cara menumbuhkan semagat belajar pada diri sendiri dengan cara Fokus pada tujuan, Atur jadwal belajar, Hargailah Waktu, Beri penghargaai pada diri sendiri, Mulai belajar dengan rasa senang, Ciptakan sensasi belajar baru, dan Hadapi setiap masalah dengan menawan.

Selanjutnya setelah acara penyampaian materi oleh narasumber yaitu acara sesi tanya jawab, ada 4 pengajuan pertanyaan , bagi yang bertanya akan diberikan dorprise, salah satu pertanyaan dari 4 penanya tersebut yaitu pertanyaan dari siswi yang bernama Vinca, ia bertanya “ Apa Upaya Pemerintah dalam menangani Covid-19 ini, Jujur Kami telah bosan dengan Pembelajaran daring sampai saat ini?” dan dijawab oleh narasumber “Santi” “Cara pemerintah menangani Covid-19 ini dengan cara dimulainya diadakann Vaksin, salah satunya Vaksin bagi tenaga pendidik dan pelajar setelah Vaksin ini berjalan maka insyallah kegiatan proses pembelajaran tatap muka akan dilakukan dibulan juli nanti,ungkapnya.

Acara selanjutnya yaitu penutup yang disampaikan oleh MC Lilis atmajayanti, serta mengucapkan terimakasih kepada Para peserta didik kelas VIII SMP yang telah berpartisipasi serta mengikuti webinar PKM dari awal hingga akhir acra dengan baik, sehingga acara PKM tersebut dapat berjalan dengan baik.

Penulis : Dewi Elih
Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *