Mahasiswa dan Dosen Unpam Ikuti Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021

 

ALJabar News Tangsel.  Sebanyak 20 mahasiswa dan 7 dosen Unpam Sabtu (20 Maret 2021) dilepas Rektor Unpam untuk mengikuti program Kampus Mengajar. Program ini merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. mereka akan ditempatkan di sekolah dasar di seluruh Indonesia dan membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut.  Mahasiswa dan dosen yang mengikuti program ini merupakan pilihan Kemdikbud dari berbagai Universitas di Indonesia. Seleksi telah dilakukan sejak bulan Februari yang lalu secara online melalui pengisian form dan portofolio dari masing-masing peserta.

Dalam laporannya Dekan FKIP Drs. Alinurdin, M.Pd menyampaikan bahwa mahasiswa dan dosen yang mengikuti program ini berasal dari Prodi PPKn, Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Sastra Indonesia. Mereka akan bertugas selama 4 bulan (Maret s.d Juni 2021) di kabupaten Bogor, Pandeglang, Tangerang, Depok, Tangerang Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan kabupaten Tegal.

Sementara itu, Rektor Unpam Dr. E Nurzaman AM, MM, MSi Dalam sambutannya, berpesan kepada mahasiswa, “Bahwa sebagai mahasiswa Unpam kita harus berani menunjukkan kepada masyarakat bahwa Anda bisa melaksanakan amanah yang menjadi tugas Anda pada program ini yaitu menjadi guru yang baik membantu guru yang ada di sana. Nanti Saudara akan ditempatkan di sekolah dasar di daerah yang tentu saja sangat membutuhkan kehadiran Saudara,”Ucapnya.

 

Selain mahasiswa mengajar di sekolah, sambung Rektor, “ Saudara juga harus mampu bergaul dengan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, jaga etika sebagai mahasiswa terdidik, apalagi saat ini anda adalah sebagai pendidik. Dengan adanya program ini banyak manfaat yang dapat diperoleh, selain punya pengalaman sebagai guru juga bisa mengenal masyarakat sekitar, budaya, adat istiadat, dan kebiasaan masyarakat setempat yang dapat dipelajari guna menambah wawasan,”bebernya.

Selanjutnya Rektor Unpam juga menyampaikan bahwa Unpam akan tetap komitmen membantu masyarakat yang termarginalkan untuk belajar di perguruan tinggi dengan biaya yang terjangkau dengan tetap menjaga kualitas lulusan.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui vicon, baik dosen maupun mahasiswa tetap mereka antusias didukung juga dengan keikutsertaan Ketua Yayasan Sasmita Jaya, para wakil rektor, ketua prodi, dan dosen pembina kemahasiswaan.

(Penulis/foto : Alinurdin, M.Pd)

Penerbit : Ade Nopiansyah

Ade Nopiansyah

Wartawan/ti Media Online aljabarnews.com telah Kompeten pada perusahaan Pers Harian dalam bidang UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Wartawan Media Online aljabarnews.com dalam bertugas dilengkapi dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Surat Tugas dan tercatat namanya dalam Box Redaksi. Apabila ada yang mengaku wartawan kami meskipun KTA dan surat tugas masih berlaku, sepanjang namanya tidak tercantum dalam Box Redaksi, maka dinyatakan tidak berlaku dan bukan Wartawan Media Online aljabarnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *