Dalam Rangka PKM Mahasiswa Unpam Sosialisasi Kenakalan Remaja Di SMK Sirajul Falah Parung

ALJabar News Bogor. Telah terlaksana program Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan universitas pamulang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan pada hari senin, 22 maret 2021 bertempat di SMK Sirajul Falah Parung Kabupaten Bogor. Dengan menerapkan protocol kesehatan dengan proses 3M.

Kegiatan tersebut bertemakan “Sosialisasi Kenakalan Remaja dan Cara Menanggulanginya”. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala Sekolah SMK Sirajul Falah Parung bapak Madro’i S.Pd. M.Pd, guru pamong PKN bapak Dede Hendro Gunawan, S.Pd, dosen FKIP PPKN bapak Suanto.S.Pd. M.H dan Ibu Sulastri, S.Pd. M.H dan 8 orang Mahasiswa Prodi PPKN UNPAM , serta 21 Siswa/I SMK Sirajul Falah Parung.

Kegiatan dibuka oleh Crisda Saidan Mahasiswa Prodi PPKN selaku Moderator, dengan membacakan keseluruhan kegiatan acara dari awal sampai akhir, lalu dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya yang dipandu oleh Siti Aisyah dari siswi SMK Sirajul Falah Parung dan dilanjutkan dengan pembacaan ayatsuci Al Quran oleh Alief Satrio Prafastoro Mahasiswa prodi PPKn Unpam.

Acara selanjutnya sambutan-sambutan, sambutan yang pertama yaitu dari ketua pelaksana Sri Wahyuni Simamora yang memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat didalam kegiatan PKM.Sambutan yang kedua dari kepala sekolah bapak Madro’i S. Pd. M. Pd, beliau menasihati kepada para remaja bahwa kita semua harus terhindar dari prilaku kenakalan remaja dan menerapkan nilai-nilai yang baik di masyarakat.Sambutan ketiga yaitu dari dosen Prodi PPKN UNPAM bapak Suanto.S.Pd. M.H yang isi dari sambutannya yaitu kegiatan PKM ini adalah kegiatan murni dari mahasiswa, kegiatan PKM terbagi dua yaitu PKM yang dilaksanakan oleh dosen yang melibatkan mahasiswa, dan kegiatan PKM yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang melibatkan dosen. Setelah sambutan kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama sekaligus pemberian cindramata kepada pihak sekolah.

Acara dilanjutkan dengan materi sosoalisasi kenakalan remaja yang disampaikan oleh Putri Aryani MahasiswaProdi PPKn Universitas Pamulang yang menjelaskan penyebab terjadinya kenakalan remaja beserta contoh nyata yang terjadi di masyarakat, lalu dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dengan di selingi ice breaking yang di pandu oleh mahasiswa. Materi selanjutnya disampaikan oleh Febrian Sukma yang menjelaskan cara mengatasi kenakalan remaja serta solusi kepada siswa yang mengalaminya. Lalu acara di tutup dengan doa yang di pandu oleh moderator.

Pandemi Covid-19 masih belum selesai sampai saat ini, yang membuat beberapa kegiatan di undur bahkan tidak terlaksana, namu pandemic ini bukan alas an untuk kita berhenti berkreatifitas, bagaimanapun juga kita semua harus tetap produktif di dalam menjalankan kegiatan dengan menerapkan protocol kesehatan, semoga kegiatan PKM ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Penulis :Alief Satrio Prafastoro
Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *