Dalam Rangka Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Unpam Pencegahan Bullying Pada siswa Di SMP ISLAM PARUNG 24 Maret 2021

ALJabar News Bogor. Telah terlaksana program Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Pamulang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan pada Hari Rabu, 24 Maret 2021 bertempat di SMP ISLAM PARUNG Kabupaten Bogor. Dengan menerapkan protocol kesehatan dengan proses 3M.
Kegiatan tersebut bertemakan “PENCEGAHAN BULLYING PADA SISWA DI SMP ISLAM PARUNG”. Dan dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan SMP Islam Parung Bapak Rahmat Hermawan S,Pd. Guru pamong PKN SMP Islam Parung Ibu Wilda Ayu Lestari S.Pd, dan 4 orang Mahasiswa Prodi PPKn UNPAM , serta 20 Siswa/I SMP Islam Parung.

Kegiatan dibuka oleh Fina Nurul Lianti Mahasiswa Prodi PPKn selaku pembawa acara, dengan membacakan keseluruhan kegiatan acara dari awal sampai akhir. Kemudian pembawa acara membuka acara dengan mengajak audiens untuk membaca Basmalah bersama-sama.

Acara selanjutnya yaitu laporan ketua pelaksana yang disampaikan oleh Abimanyu Gusti Abdillah mahasiswa Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Ketua Pelaksana menyampaikan laporan terkait acara yang diselenggarakan kepada pihak sekolah dan para audiens.
Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan Pertama disampaikan oleh Bapak Rahmat Hermawan S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan di SMP Islam Parung, beliau menyampaikan banyak terimakasih kepada mahasiswa/i Unpam karena sudah berkenan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di SMP Islam Parung. Beliau juga menyampaikan bahwa bullying merupakan perilaku tidak baik, sehingga anak-anak yang hadir di acara tersebut diminta untuk menjauhi bullying.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan cendramata kepada pihak sekolah oleh ketua pelaksana. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan sesi foto bersama.
Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi dari Narasumber yang mana acara tersebut di pandu oleh saudari susi Yulyani sebagai moderator.

Narasumber pada kegiatan tersebut bernama Monica Dwi Lestari mahasiswi Prodi PPKn. Monica Dwi Lestari menjelaskan cara pencegahan bullying serta memberikan solusi kepada siswa yang mengalaminya. Beserta memberikan contoh nyata yang terjadi di masyarakat. Kemudian acara dikembalikan kepada moderator.

Dan acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, moderator mempersilakan siswa untuk bertanya mengenai pencegahan bullying, kemudian pemateri menjawab semua pertanyaan yang diajukan siswa. Acara nya selanjutnya yaitu pembagian DoorPrize untuk para siswa yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. Kemudian diacara terkahir yaitu penutup, pembawa acara menutup acara dengan mengajak siswa membaca hamdalah bersama-sama.

Penulis : Abimanyu, Fina, Monica dan Susi

Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *