DALAM MEMANTAPKAN KEMAMPUAN PROFESIONAL MENGAJAR MAHASISWA UNPAM MELAKSANAKAN PPL DI SMK LETRIS INDONESIA 1

ALJabar News Pamulang. Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan wujud nyata dari mata kuliah pemanfaatan kemampuan profesional pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, untuk membekali mahasiswa (praktikan) dalam konpetensi profesional, pedagogik, keperibadaian dan sosial. Adapun beberapa hal yang harus dilaksanakan dalam program PPL ini antara lain yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan rencana pembelajaran, melakukan observasi pembelajaran dan melakukan refleksi serta menyusun laporan. Tujuan dari peraktik pengalaman lapangan (PPL) itu sendiri untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan.

Untuk menghasilkan calon tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas maka Universitas Pamulang Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan mewajibkan mahasiswa khususnya di smester delapan yang sudah memenuhi syarat untuk mengikuti program peraktik pengalaman lapangan (PPL) yang dilaksanakan di sekolah-sekolah se-Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor baik SMP/ MTS,SMA/SMK/MA, Salahsatu tempat yang di gunakan untuk pelaksanaan PPL yaitu SMK Letris Indonesia 1 yang terletak di Villa Bintaro Indah, Jalan Kalimantan I, Jombang, Ciputat, Jombang, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15414.
Pengantaran secara resmi dilaksanakan  pada hari Jum’at 5 Febuari yang didampingi langsung oleh ibu Sri Utaminingsing S.Pd M.Pd selaku Dosen pembimbing mengantarkan mahasiswa kelompok satu yang berjumlah empat orang yaitu Abdul aziz Hakim, Nurul Aulia, Maretha Tri andini dan Fanisa Agustin.

“Sesampainya disana kita disambut baik oleh pihak sekolah, Bapak Marsani, S.Kom, M.A. selaku wakil kepala sekolah, bidang kurikulum serta Bapak Bagus Adhi Pratama, S.Sos  selaku guru pamong, karna bapak Abdul Haris S.Pd selaku kepala sekolah sedang berhalangan hadir, akan tetapi alhamdulillah acara ceremonial pengantaran PPL tetap berjalan lancar”. Ungkap Nurul, salahsatu Mahasiswa PPL.

Dosen pembimbing Ibu Sri Utaminingsih S.Pd M.Pd. membuka acara dan menyampaikan terkait niat baik kita untuk melakukan peraktik pengalaman lapangan (PPL) di SMK Letris Indonesia 1. Beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan PPL akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan, dan diharapkan selama waktu itu mahasiswa dapat mendapatkan pengalaman dengan sebanyak-banyaknya, serta menyampaikan ucapan terimakasih karna telah menerima mahasiswa Universitas Pamulang untuk melaksanakan PPL di SMK Letris Indonesia 1.

“ Saya mewakili Kaprodi PPKn mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak sekolah khususnya Bapak Marsani selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMK Letris Indonesia 1, dan juga bapak Bagus selaku guru pamong yang telah menerima dan menyambut baik kedatangan kami disini, kedepannya mohon bimbingan dan arahanya bagi 4 orang mahasiswa saya agar dapat melaksanakan PPL dengan baik.” Ungkap Ibu Sri Utaminisngsih selaku dosen pembimbing, Senin 05/02/2021

Pada waktu yang sama ibu Sri Utaminisngsih juga berpesan kepada peserta peraktik pengalaman lapangan (PPL) untuk menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, serta mengikuti semua arahan dan aturan dari pihak sekolah untuk membentuk karakter disiplin dan kemampuan mengajar selama terjun langsung di dunia pendidikan, sehingga diharapkan mahasiswa PPL aktif dalam pelaksanaan peraktik pengalaman lapangan (PPL).

Penulis : Nurul aulia & Fanisa Agustin
Penerbit : Ade Nopiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *