Bahaya Dalam Menggunakan Media Sosial Terhadap Cyberbullying

ALJabar News. Cyberbullying ialah  perundungan dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini dapat terjadi di media sosial, dalam bentuk seperti chatting, game, dan ponsel. Adapun menurut Think Before Text, cyberbullying adalah perilaku agresif dan bertujuan yang dilakukan suatu kelompok atau individu yang memiliki dampak merugikan kelompok atau individu lain, menggunakan media elektronik sebagai alat untuk mengincar target yang akan dirugikan, secara berulang-ulang dari waktu ke waktu, terhadap seseorang yang dianggap tidak mudah melakukan perlawanan atas tindakan tersebut. Jadi, terdapat perbedaan kekuatan antara pelaku dan korban. Perbedaan kekuatan dalam hal ini merujuk pada sebuah persepsi kapasitas fisik dan mental.

Cyberbullying merupakan perilaku berulang yang ditujukan untuk menakuti, membuat marah, atau mempermalukan mereka yang menjadi sasaran. Contohnya sebagai berikut :

  1. Menyebarkan kebohongan tentang seseorang atau memposting foto memalukan tentang seseorang di media sosial
  2. Mengirim pesan atau ancaman yang menyakitkan melalui platform chatting, menuliskan kata-kata menyakitkan pada kolom komentar media sosial, atau memposting sesuatu yang memalukan/menyakitkan
  3. Meniru atau mengatasnamakan seseorang (misalnya dengan akun palsu atau masuk melalui akun seseorang) dan mengirim pesan jahat kepada orang lain atas nama mereka.
  4. Trolling – pengiriman pesan yang mengancam atau menjengkelkan di jejaring sosial, ruang obrolan, atau game online
  5. Mengucilkan, mengecualikan, anak-anak dari game online, aktivitas, atau grup pertemanan
  1. Menyiapkan/membuat situs atau grup (group chat, room chat) yang berisi kebencian tentang seseorang atau dengan tujuan untuk menebar kebencian terhadap seseorang
  1. Menghasut anak-anak atau remaja lainnya untuk mempermalukan seseorang

Pada dasarnya Cyberbullying itu sendiri merupakan tindakan yang sangat tidak baik dalam menjalanui aktivitas kehidupan sehari-hari. Dengan seharusnya kita harus bijaksana dalam menggunakan fasilitas yang berbasis media sosial dan teknologi agar kita tidak dengan mudah menggunakan fasilitas tersebut untuk merugikan orang lain. Tujuan dari kemajuan di dunia maya itu sendiri untuk mempermudah segala urusan yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penulis : Ridwan Sardjono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *