Adanya Laporan Chikungunya Pihak Kelurahan Dan Puskemas Pengasinan Sigap Turun Kelapangan

Aljabar News Depok. Laporan terjadinya penyakit Chikungunya telah diterima UPT Puskesmas Pengasinan dan pihak Kelurahan Pengasinan. Menerima laporan tersebut, UPT Puskesmas Pengasinan mendatangi lingkungan masyarakat yang terserang Chikungunya, salah satunya di wilayah RW 08 Kebon Kopi.

Tampak hadir Kepala Puskesmas Pengasinan Dr Ratih, Bidan Warsinah dan Kasie Kemas Pengasinan Masridawati Siregar serta didampingin ketua RW 08 Sohib Rizal.

Kepala UPT Puskesmas Pengasinan, Dr Ratih mengatakan, penyakit Chikungunya disebabkan perkembangbiakan nyamuk. Umumnya, masyarakat yang terserang gigitan nyamuk dan menyebabkan Chikungunya, akan merasakan sakit dibagian persendian.

“Laporan yang kami terima puluhan warga masyarakat terkena Chikungunya, makanya kami bersama pihak Kelurahan Pengasinan meninjau lokasi, ” ujar Dokter ramah ini.

Perempuan berhijab tersebut mengungkapkan, untuk mencegah Chikungunya, yang menyerang lingkungan, masyarakat dapat melaksanakan aksi bersih dengan kerja bakti membersihkan lingkungan, melaksanakan PSN, dan meningkatkan Jumantik. Menurutnya, hal itu dapat mencegah terjadinya penyakit Chikungunya.

“Tidak dapat di pungkiri melalui PSN dan Jumantik dapat mencegah penyakit Chikungunya maupun demam berdarah, efek virus ini dapat kembali dirasakan secara berulang tanpa adanya infeksi baru. Kondisi demikian disebabkan virus Chikungunya mampu bertahan pada otot atau persendian,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Jika untuk membantunya, kita harus mengerahkan petugas agar melakukan pengasapan (pengasapan), kemudian titiknya membahas di wilayah yang memang lebih banyak menimbulkan masalah. Di samping itu, ia juga menghimbau warga untuk melakukan aksi bersih-bersih 3M (menguras, tutup, mendaur ulang) ) di Lingkungan masing-masing, “imbuhnya.

” Kami berharap kepada warga masyarakat agar menjaga Prilaku hidup sehat agar terhindar dari penyakit karena faktor lingkungan juga mempengaruhi berkembangnya penyakit, seperti banyaknya sampah, kandang ayam dan sanitasi kurang baik, genangan air dan lain sebagainya, dan insyalloh dalam minggu ini kami akan adakan Foging, “pungkasnya.
(Nopiansyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *